Monday 2 June 2014

tentang kepengen gua


Entah kenapa dari dulu gua ga bisa nulis tentang sesuatu yang ilmiah atau sarat akan ilmu pengetahuan. Pokoknya nulis sesuatu dengan menggunakan istilah-istilah khusus gitu,yang Cuma ada dalam bidang-bidang ilmu tertentu. Mungkin bahasannya akan terlalu berat buat gua. Padahal gua anaknya ga bodo-bodo amat (diatas bodo dikit) atau karena gua itu dari awal basicnya nulis cerpen dan berita, jadinya gua ga punya kapasitas diluar jenis itu. Dari dulu gua terbiasa dengan nulis karangan yang sifatnya naratif  dan report gitu, so ga ada bayangan sama sekali dengan artikel ilmiah.

Tapi gua jadi inget (punya ingatan juga luh..), dulu waktu kelas 3 SMP (emg lu pernah sekolah?) gua pernah dapet tugas akhir  mata pelajaran B.Indonesia bikin karangan ilmiah. Yahh waktu itu gua ambil tema tentang kosmetik berbahan merkuri yang beritanya lagi nge-boom waktu itu. Gua sempet mikir ulang sih ngebahas ginian, rasanya tengsin gitu (dulu kan gua cwe jadi”an,masa ngebahas kosmetik,bisa turun pamor gua). Tapi gua mikir lagi, tema ini tuh bahasannya udah ilmiah banget, denger kata merkuri aja udah keliatan ilmiah tulen. Akhirnya gua tetep ambil tema itu dan gua inget banget, waktu itu gua pake jasa pengetikan di rental deket sekolah (belaga banget!). Awalnya gua ketik sendiri, tapi karna kemampuan ngetik gua dulu masih dibawah normal dan ketidakmampuan gua untuk mengatur margin dan spasi paragraf supaya lebih rapi, akhirnya gua memutuskan untuk memakai jasa penjaga rental (yang nganggep gua org betawi -___-) karna memang waktu pengumpulan tugas juga udah mepet banget, yang maksa gua buat pake jasa pengetikan. Waktu itu gua sama skali ga tanya berapa tarif tuh orang per halaman, jadi pas hari gua ambil tugas gua, tiba-tiba biayanya 14 ribu coyy... (kenapa sih?biasa aja juga). Jangan salah, dulu itu tuh jumlah yang ga sedikit brohh.

Akhirnya, dengan penuh perjuangan gua beranikan diri minta doku ke ortu, kontan aja umi atih nyolot. Tapi dengan jurus maut segalanya jadi terasa lebih mudah walau resikonya jantung berasa mau copot hehe.. (jurus mautnya rahasia ya). Besoknya gua langsung bayar lunas tuh makalah,selesai sudah tugas gua yang bikin riweuh itu. Gua lupa,dulu itu gua bikin makalah ilmiah copas ga yah?udah kenal sih sama om google,Cuma perasaan dulu blom akrab” banget gitu.

Sebenernya pengen banget bikin tulisan ilmiah,kan kesannya gua intelek gitu,iya ga?sekalian jadi ajang pembuktian konsistensi diri sebaga mahasiswa yang harusnya punya pemikiran maju dan kritis juga sensitif sama apa yang update kejadian di sekitar kita (capek juga nulis ginian -__-). Atau bisa juga ngebuktiin ke orang-orang bahwa “ini nih hasil gua kuliah,ga sia-sia kan?ga kayak lu” (sumpah #nyesekk banget). Tapi,asal para pembaca tau yah..kampus gua itu,kampus kurang terkenal. Orang-orangnya juga ga bejibun kayak di universitas, so sedikit banget yang bisa gua pahami dari kebiasaan dan cara berpikir mereka, ga ada organisasi” aneh ato perkumpulan” ga jelas yang sengaja di dirikan oleh orang yang ga jelas pula,tapi mereka pasti punya tujuan. Tujuan mereka apa? Hanya tuhan dan mereka yang tau (gua sih ga mau tau).

Sesungguhnya tulisan gua ini udah merembet kemana-mana, yahh gaya ngobrol sama temen lama kebawa-bawa,semuanya diomongin,yang udah lupa diinget-inget,ngetawain kejadian lucu yang sebenernya udah pernah ngetawain juga sebelumnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Intinya,keinginan gua untuk nulis artikel ilmiah ga akan pernah padam,Cuma niatnya aja yang rada sulit hehe #kampret

No comments:

Post a Comment